Tentang Hadits, tujuh yang tidak Mati dan tidak Musnah

Fatwa ​Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah رحمه اللّٰه

Beliau رحمه اللّٰه ditanya:

Tentang hadits Anas bin Malik dari Nabi صلى اللّٰه عليه وسلم bahwasanya beliau bersabda:

سَبْعَةٌ لاَ تَمُوْ تُ وَلاَ تَفْنِى وَلاَ تَذُوْقُ الْفَنَاءَ: النّارُ وَسكانُهَا، وَالّلوْحُ، وَالقَلَمُ، وَالكُرْسِيّ، وَالعَرْشُ٠

“Tujuh yang tidak akan mati dan tidak binasa dan tidak akan mengalami kebinasaan yaitu: Api Neraka dan para penghuninya, Lauhul Mahfudz, Al Qolam, Al Kursy, dan Al Arsy”.

Apakah hadits ini shohih ataukah tidak?

Beliau رحمه اللّٰه menjawab:

Khobar dengan lafadz seperti ini bukan dari ucapan Nabi صلى اللّٰه عليه وسلم, khobar itu tidak lain datang dari ucapan sebagian para ulama. Sesungguhnya Salaful Ummah beserta para Imam Imamnya dan seluruh Ahlus sunnah wal Jamaah sepakat bahwa dari sebagian makhluk (ciptaan Alloh) itu ada yang tidak hilang dan tidak musnah secara mutlak seperti Surga dan Neraka, dan juga Al Arsy dan lainnya. (Ini merupakan pembatilan terhadap pengakuan (kefanaan) musnahnya neraka yang dinisbatkan kepada Syaikhul Islam رحمه اللّٰه. Lihat kitab Kasyful Astar li Ibtholi Iddi’ai Fanaain Naar (menyingkap Tirai Tirai untuk Membatalkan Pengakuan/Tuduhan Tentang Musnahnya Neraka) karya Dr. Ali bin Ali Al Harby رحمه اللّٰه. Dan itu adalah kitab yang sangat bagus dalam hal mendustakan anggapan/tuduhan ini serta menampakkan Al Haq dari ucapan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah  dan murid beliau Al ‘Alamah Ibnul Qoyyim رحمه اللّٰه. Lihat juga dalam Syarh Ath Thohawiyah hal. 420-424, Al Majmu’ Ats Tsamin II/193, Adhwaul Bayan X/122).

Tidak ada yang berpendapat tentang musnahnya seluruh makhluk melainkan segolongan dari Ahlul Kalam Al Mubtadi’in seperti Jahm bin Shofwan dan orang orang yang sefaham dengannya dari golongan Mu’tazilah dan yang sejenis dengan mereka. Ucapan ini batil menyelisihi Kitabulloh dan Sunnah Rosul-Nya serta Ijma (kesepakatan) para Salaful Ummah dan Imam Imam mereka. Sebagaimana dalam masalah ini ada dalil dalil yang menunjukkan kekalnya Surga dan para penghuninya serta dalil yang menunjukkan kekalnya selain itu,  yang tidak mencukupkan lembaran ini untuk menyebutkannya. Dan sungguh golongan golongan dari Ahlu Kalam dan Ahli Filsafat berdalil dengan dalil dalil Aqlaniyah (yang disandarkan kepada akal) tentang tidak musnahnya seluruh makhluk. Wallohu A’lam.

Al Fatawa XVIII/307

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s